Jumat, 02 Mei 2014

RPP IPA SD Kelas IV tentang Rangka Mnusia dan Media Gambarnya




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SDN 009 Tembilahan Hulu
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka manusia
Waktu                          :   4 x 35 menit  (3 X pertemuan)


  1. A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

  1. B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

  1. C.    Indikator
  1. Menunjukkan bagian-bagian rangka manusia.
  2. Mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia.
  3. Mengelompokkan tulang berdasarkan jenisnya.
  4. Menjelaskan fungsi bagian-bagian rangka.
  5. Mendeskripsikan hubungan struktur rangka dengan fungsinya.

  1. D.    Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
  • Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia
  • Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline ).
  • Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

  1. E.     Materi
Rangka dan Panca Indera Manusia
  • Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
  • Bagian rangka (hlm.2)
  • Fungsi rangka (hlm.6)


  1. F.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
    • Praktek

  1. G.    Langkah Pembelajaran

pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
-   rangka kepala
-   rangka badan
-   rangka anggota gerak
-   sendi

F Siswa menyebutkan rangka kepala
-   T.Ubun
-   T.Pelipis
-   T. Mata
-   T. Dahi
-   T.Hidung
-   T.Pipi
-   Rahang atas
-   Rahang bawah

F Siswa menyebutkan rangka badan
-   T.Tengkorak
-   Ruas-ruas Tulang leher
-   T.Selangka
-   T.Belikat
-   T.Dada
-   T.Rusuk

-   T.Lengan Atas
-   Ruas-ruas Tulang Punggung
-   TT.Panggul
-   T.Hasta
-   T.Pengumpil
-   T.Pergelangan Tangan
-   T.Telapak tangan
-   Ruas-ruas Jari Tangan
-   T.Paha

-   T.Tempurung lutut
-   T.Betis
-   T.Kering
-   T.Pergelangan kaki
-   T.Telapak kaki
-   Ruas-ruas jari
-   T.Kemaluan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  KegiatanPenutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

( 50 menit)































(15 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
  • Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
  • Mengumpulkan pekerjaan rumah
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
-   Sendi Engsel
-   Sendi Pelana
-   Sendi Peluru
-   Sendi Putar
-   Sendi Geser

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi dengan cara disiplin ( Discipline )

(50 menit)























(15 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..


& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  KegiatanPenutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

(50 menit)




















(15 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan
Fosfor


  1. H.    Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

  1. I.       Penilaian:
    1. Teknik penilaian
    2. Tes tertulis
    3. Tes unjuk kerja
    4. Bentuk instrument.
      1. Isian.
      2. Identifikasi
      3. Contoh instrument.
  • Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
  1. Macam-macam  rangka anggota gerak adalah ….
  2. Rangka badan tersusun oleh ….
  3. Tulang jari tangan termasuk dalam susunan rangka ….
  4. Tulang rusuk manusia berfungsi untuk ….
  5. Kita bisa berdiri tegak karena adanya ….

  • Identifikasi
Kenali dan tunjukkan bagian-bagian rangka manusia.
Pedoman penilaian :
NO
ASPEK
SKOR MAKSIMUM
SKOR PEROLEHAN SISWA
1
Kebenaran menyebutkan bagian-bagian rangka.
1

2
Kelengkapan menyebutkan tulang-tulang pembentuk rangka.
1

3
Kebenaran menunjukkan posisi atau letak tulang-tulang penyusun rangka.
2


Jumlah skor
4

jumlah skor perolehan siswa
NA  =                                                      x 100%
jumlah skor maksimal

&     CATATAN :
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

           Mengetahui                                                                                                                            
  Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4


 
           NIP :                                                                                         NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar