RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah
: SDN 009 Tembilahan Hulu
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester
: IV/1
Materi Pokok
: Rangka manusia
Waktu
: 4 x 35 menit (3 X pertemuan)
- A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur
organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
- B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan
antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
- C. Indikator
- Menunjukkan bagian-bagian rangka manusia.
- Mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia.
- Mengelompokkan tulang berdasarkan jenisnya.
- Menjelaskan fungsi bagian-bagian rangka.
- Mendeskripsikan hubungan struktur rangka dengan fungsinya.
- D. Tujuan Pembelajaran**:
- Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka kepala
ü rangka badan
ü rangka anggota gerak
ü sendi
- Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia
- Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline ).
- Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
- E. Materi
Rangka dan Panca Indera Manusia
- Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
- Bagian rangka (hlm.2)
- Fungsi rangka (hlm.6)
- F. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Praktek
- G. Langkah Pembelajaran
pertemuan 1
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang
rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka,
serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
- rangka kepala
- rangka badan
- rangka anggota gerak
- sendi
F Siswa menyebutkan rangka kepala
F Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh
manusia dengan fungsinya
|
( 50 menit)
|
||||||||
(15 menit)
|
|||||||||
|
|
||||||||
pertemuan 2
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan
sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota
gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang
terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) ,
Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).
F Mendeskripsikan fungsi rangka,
berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang
terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari
kegiatan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada
satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi dengan
cara disiplin ( Discipline )
|
(50 menit)
|
||||||||
(15 menit)
|
|||||||||
F Mengambar rangka badan manusia
|
|
||||||||
pertemuan 3
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang
menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang
benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan
pada tulang belakang seperti:
- Lordosis
- Kifosis
- Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga
kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium
dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada
satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang
memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
|
||||||||
(15 menit)
|
|||||||||
F Membuat daftar makanan yang
mengandung vitamin D, kalsium dan
Fosfor
|
|
- H. Media Belajar
- Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
- I. Penilaian:
- Teknik penilaian
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
- Bentuk instrument.
- Isian.
- Identifikasi
- Contoh instrument.
- Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
- Macam-macam rangka anggota gerak adalah ….
- Rangka badan tersusun oleh ….
- Tulang jari tangan termasuk dalam susunan rangka ….
- Tulang rusuk manusia berfungsi untuk ….
- Kita bisa berdiri tegak karena adanya ….
- Identifikasi
Kenali dan tunjukkan bagian-bagian
rangka manusia.
Pedoman penilaian :
NO
|
ASPEK
|
SKOR
MAKSIMUM
|
SKOR
PEROLEHAN SISWA
|
1
|
Kebenaran menyebutkan
bagian-bagian rangka.
|
1
|
|
2
|
Kelengkapan menyebutkan
tulang-tulang pembentuk rangka.
|
1
|
|
3
|
Kebenaran menunjukkan posisi atau
letak tulang-tulang penyusun rangka.
|
2
|
|
|
Jumlah skor
|
4
|
|
jumlah skor perolehan siswa
NA
=
x 100%
jumlah skor maksimal
& CATATAN
:
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Kelas 4
NIP
:
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar